Cinta Beda Agama

“Kenapa Allah (Islam) nyiptain kita beda-beda kalau Dia cuma ingin disembah dengan satu cara?” ucap Annisa. “Makanya itu, Allah (Kristen) nyiptain cinta.. biar yang beda-beda bisa nyatu!” jawab Cina.

Ada yang pernah nonton film CIN(T)A? Dialog tersebut adalah salah satu dialog yang paling mengena dan berkesan bagi beberapa orang yang telah menonton film ini. Film yang sempat menjadi buah bibir di tahun 2009 ini memang mengangkat topik yang cukup tabu bagi masyarakat Indonesia, cinta beda agama.

Dikisahkan tentang hubungan seorang pria bernama Cina, keturunan China-Batak dan beragama Katholik dengan seorang wanita bernama Annisa yang beragama Islam. Hubungan cinta mereka harus terusik dengan perbedaan keyakinan yang menjadi dasar/landasan hidup dari setiap manusia. Berbagai perdebatan muncul di tengah canda, tawa, cinta, dan kasih yang mereka jalani.

Kisah cinta Cina dan Annisa ini ternyata tidak hanya muncul di drama atau film belaka, tengok saja pasangan selebriti Lidya Kandou dan suaminya Jamal Mirdad. Mereka pasangan suami istri beda agama namun tetap bisa saling menghormati, bertoleransi, dan menjaga kerukunan rumah tangga mereka dengan baik.

Memang, di negara ini masih belum mengesahkan ikatan pernikahan beda agama. Bagi pasangan beda agama, mereka harus memilih untuk menikah di luar negeri, menikah 2 kali dengan 2 agama berbeda, atau salah satu pasangan mengalah dan mengikuti agama pasangan lainnya, walaupun setelah menikah mungkin kembali ke keyakinan awalnya, atau tetap mengikuti agama pasangan seperti saat menikah.

Berbagai dilema muncul saat kita mencintai seseorang dengan keyakinan yang berbeda dengan kita. Namun, kita tidak bisa menyalahkan cinta. Cinta muncul tanpa bisa kita duga. Yang bisa kita lakukan bila terjadi cinta beda agama hanyalah memilih. Pilihan yang berat memang, meneruskan dengan berbagai konsekuensi yang harus dihadapi; atau menyudahi namun harus memupus rasa cinta yang telah tumbuh.

Pilihan selalu ada, hanya tinggal kebijakan kita untuk memilih Tuhan yang memberi cinta, atau manusia yang kita cintai. Ingatlah bahwa jodoh tak ke mana. Janganlah takut akan masalah jodoh. Jalani saja semua yang ada di depan mata. Cinta beda agama bukan hal yang salah, selama kita menjalaninya dengan baik. Minta petunjuk Tuhan untuk semua pilihan kita. :) Gutlak!! ;)

 

Incoming search terms:

  • kata mutiara cinta beda agama (121)
  • kata mutiara cinta (71)
  • kata kata mutiara cinta (54)
  • kata kata cinta (53)
  • kata mutiara tentang perbedaan agama (23)
  • kata kata cinta beda agama (23)
  • cinta beda agama (22)
  • kata-kata cinta (21)
  • kata-kata mutiara cinta (11)
  • kata kata mutiara cinta beda agama (11)

Tagged . Bookmark the permalink.